cover
Contact Name
Uswatun Hasanah
Contact Email
hana.aizawa@gmail.com
Phone
+6285262333783
Journal Mail Official
uswatun.hasanah@utnd.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto/Jl. Rasmi no. 28 sei Sikambing Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28307690     DOI : https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i1
Core Subject : Economy,
manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, operasional termasuk logistic, manajemen perpajakan, manajemen syariah, ekonomi syariah, dan manajemen pemerintahan, akuntansi serta ekonomi pembangunan
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022" : 16 Documents clear
PENGARUH PRESTASI KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP PROMOSI JABATAN PADA PEGAWAI KEPOLISIAN KOTA MEDAN santika bella putri; khamo waruwu
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.315

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of work performance and discipline on the promotion of police officers at the Medan Polrestabes. This research is an associative type of research, where this study seeks to find out the relationship between interrelated variables. This research is located at Polrestabes Medan which is located on Jl. HM. Said No.1, Sidorame Bar. I, District. Medan Perjuangan, Medan City, this research took place from January 2022 to April 2022, the population of this study were all active police employees at the Sabhara Section of Medan Polrestabes totaling 40 employees, the sample used was saturated sampling where all the population of 40 people became the sample , the data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis, while the results of this study are, In this study, achievement assessment has an effect on promotion. It can be seen in column t that the Achievement variable (X1) has a value of tcount (3,672) > ttable ( 2.024) which means Ho is rejected and Ha is accepted. While the significant value of 0.003 is smaller than the probability value of 0.05. In this study, discipline has an effect on promotion. It can be seen in column t that the discipline variable (X2) has a value of tcount (7,113) > ttable (2,024), which means Ho is rejected and Ha is accepted. While the significant value of 0.000 is smaller than the probability value of 0.05. Based on the results of the F test, the data of this study is significant, because Fcount 39,098 > Ftable 3.24, namely Hypotesis a is accepted and Hypotesis o is rejected. The significance level is 0.000 < 0.05.
PENGARUH MEDIA IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. COCA COLA EUROPASIFIC PARTNERSHIP INDONESIA SUMATERA UTARA dian darmawan putra; ahmad yudhira
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.325

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Iklan dan Harga Produk terhadap Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Coca Cola Europasific Partnership Indonesia Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Coca Cola Europasific Partnership Indonesia Sumatera Utara, dengan populasi dan sampel sebanyak 45 Toko (Supermarket, Swalayan, Minimarket dan Rumah Makan) diambil secara sensus. Instrumen penelitian adalah angket/kuisioner dengan model skala likert. Uji persyaratan dilakukan dengan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis secara parsial yang pertama telah membuktikan terdapat pengaruh antara perikalanan dengan loyalitas terlihat pada nilai signifikan sebesar 0.012< 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil pengujian hipotesis secara parsial yang kedua telah membuktikan ternyata pengaruh antara Harga Produk dengan Loyalitas memiliki pengaruh signifikan sebesar 0.003< 0,05. Dengan demikian Ha diterima H0 ditolak. Pada uji F membuktikan bahwa perikalanan dan harga produk memberikan pengaruh secara simultan dengan nilai signifikan F hitung 0,002<0.05 dinyatakan memiliki pengaruh positif dan signifikan. Berdasarkan hasil output SPSS diketahui bahwa nilai R square memberikan pengaruh dengan persentase sebesar 26,3% dan kelebihannya adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam variabel penelitian ini sebesar 73,7%.
PENGARUH MODAL USAHA DAN TINGKAT PENGALAMAN BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA UMKM PERKEBUNAN BUAH NAGA DI DESA LESTARI DADI KECAMATAN PEGAJAHAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI vinka lorenza; Nur'ain Harahap
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.326

Abstract

The implementation of this study was to determine whether there was an influence between venture capital and the level of entrepreneurial experience on the performance of UMKM in dragon fruit plantations in Lestari village. This study uses descriptive analysis and quantitative analysis, with a sample of 35 small and medium enterprises UMKM in dragon fruit plantations. This research was carried out by giving questionnaires to the perpetrators of UMKM in dragon fruit plantations. This study shows the results that the business capital factor and the level of entrepreneurial experience have an influence on the performance of UMKM in dragon fruit plantations in Lestari village, which is shown from the results of multiple regression Y= 4.268+0.372X1+0.385X2+e. The results of the partial test (t test) of venture capital on the performance of UMKM in dragon fruit plantations, the value of tcount = 2.371>1.69 and the results of the partial test (t test) of entrepreneurial experience obtained the value of tcount = 2.136>1.69, it is stated that partial factors of venture capital and entrepreneurial experience have a positive and significant effect on the performance of UMKM in dragon fruit plantations in Lestari village, in addition to the F test the results show that Fcount>Ftable (23.919>3.294) with a probability level (0.01<0.05). The value of the coefficient of determination (R2) of 0.599 means that business capital and entrepreneurial experience can improve the performance of UMKM in dragon fruit plantations in Lestari village with an R2 value of 59.9% and the remaining 40.1% is explained by other variables outside the study.
PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TIPE RUMAH DI PERUMAHAN PESONA LARAS DELI SERDANG indriani indriani; Nur'ain Harahap
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.330

Abstract

Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah variabel harga, fasilitas, dan lokasi memberikan pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih tipe rumah di perumahan Pesona Laras Deli Serdang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif dengan memakai sebanyak 99 konsumen di perumahan Pesona Laras Deli Serdang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang diberikan oleh variabel harga, fasilitas, dan lokasi, yang dinyatakan dari hasil regeresi berganda yaitu Y=1,088+0,192X1+0,473X2+0,289+e. Hasil uji t (uji parsial) variabel harga terhadap keputusan konsumen menunjukkan nilai thitung = 2,347>1,66, variabel fasilitas diperoleh nilai thitung= 5,045>1,66, dan variabel lokasi diperoleh nilai thitung=3,223>1,66, hal ini berarti secara parsial variabel harga, fasilitas, dan lokasi secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih tipe rumah di perumahan Pesona Laras Deli Serdang. Uji F menunjukkan hasil Fhitung >Ftabel (29,525>3,091) dengan tingkat probability (0,01<0,05). Koefisien determinasi (R2) didapatkan nilai sebesar 0,483, hasil ini menunjukkan bahwa harga, fasilitas, dan lokasi mampu meningkatkan keputusan konsumen dengan nilai R2 48,3%, dan 51,7% sebagai sisanya dijelaskan oleh variabel yang berada di luar penelitian.
PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT UNIVERSAL TECHNICAL SERVICE anisa damayanti; rosniwaty Br bangun
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian PT Universal Technical Service, mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian PT Universal Technical Service, serta mengetahui Pengaruh Personal Selling dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian PT Universal Technical Service Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuisioner dilakukan dengan populasi sebanyak 57 orang konsumen tetap, penentuan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga sampel penelitian sebanyak. 57 orang. Hasil penelitian diperoleh Nilai koefisien thitung variabel Personal Selling adalah 3,023 dan nilai ttabel sebesar 2,003 maka nilai thitung > ttabel (3,023 > 2,003) dengan nilai sig < 0,05 (0,004 < 0,05), Nilai koefisien thitung variabel Perilaku Konsumen adalah 2,213 dan nilai ttabel sebesar 2,003 maka nilai thitung > ttabel (2,213 > 2,003) dengan nilai sig < 0,05 (0,031 < 0,05). Selanjutnya nilai Fhitung variabel Personal Selling dan Perilaku Konsumen adalah 9,605 dan nilai Ftabel adalah 2,769 maka Fhitung > Ftabel (9,605 > 2,769) dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai RSquare yaitu 0,659 atau R2 x 100% sebesar 65,90%, artinya variabel bebas penelitian memberikan sumbangsih besar dalam menjelaskan tentang Keputusan Pembelian sebesar 65,90% sedangkan sisanya 34,10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan penelitian adalah Personal Selling berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Universal Technical Service, Perilaku Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Universal Technical Service Medan serta secara simultan Personal Selling dan Perilaku Konsumen secara serentak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Universal Technical Service
PENGARUH HARGA DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNGA HIAS (STUDI KASUS KONSUMEN TANAMAN BUNGA HIAS DI KAWASAN TAMAN BUNGA HIAS DUSUN V KECAMATAN PAGAR MERBAU) rizki fitria ananda; mutawaqil billah tumanggor
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.355

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Harga Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau). populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 348 konsumen. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin, dan menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Jadi, jumlah keseluruhan responden dalam penelitian ini adalah 78 Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau. Penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Taman Bunga Hias di Jl. Dusun V, Tj. Garbus II, Kec. Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos: 20551. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui obeservasi, dokumentasi dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau) dengan nilai koefisien sebesar 0,499, dimana nilai t-hitung > t-tabel (5,929 > 1.6646) dan signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa Karakteristik Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau) dengan nilai koefisien sebesar 0,397, dimana nilai t-hitung > t-tabel (4,716 > 1.6698) dan signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Harga dan Karakteristik Konsumen secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau) dengan nilai Fhitung (58,309) > Ftabel (3,12), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNGA ANGGREK DI CV. SUMATERA BUSAN NAMORAMBE DELI SERDANG vika nurhaliza; Abdul Malik
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.363

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk dan promosi online terhadap keputusan pembelian Bunga Anggrek di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang. Teknik analisis daya yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 133 orang konsumen di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang. Pelaksanaan penelitian dengan cara memberikan kuesioner kepada konsumen di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas produk dan promosi online terhadap keputusan pembelian di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang, dengan hasil regresi berganda yaitu Y=4,875+0,506X1+0,284X2+e. Hasil uji t (Uji Parsial) kualitas produk terhadap keputusan pembelian bunga Anggrek diperoleh nilai thitung = 6,152>1,656 dan hasil uji t (Uji Parsial) promosi online diperoleh nilai thitung = 4,480>1,656, hal ini berarti bahwa secara parsial faktor kualitas produk dan promosi online memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang, selain itu uji F diperoleh nilai Fhitung>Ftabel (58,856>3,087) dengan tingkat probability (0,01<0,05). Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,475 hal ini berarti kualitas produk dan promosi online mampu meningkatkan keputusan pembelian di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang 47,5% dan sisanya 52,5% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian.
PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN PRESENSI FINGER PRINT DAN INSENTIF TERHADAP KUALITAS KERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN KOTARIH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Sarianta Damanik; Mhd. Dani Habra
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas penerapan presensi finger print dan insentif terhadap kualitas kerja pegawai Kantor Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai. Jumlah sampel 34 pegawai di kantor Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Data diolah menggunakan SPSS 20.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear berganda, dengan Y = Y = 5.025+ 0.109X1 + 0.636X2 + e. Pernyataan ini dibuktikan hasil analisis diperoleh nilai t hitung untuk variabel penerapan presensi finger print (X1) sebesar 2.805 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.695. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 2.805> 1.695, kemudian terlihat pula bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas 0.002 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X1 memiliki kontribusi terhadap Y. Nilai t hitung untuk variabel Insentif (X2) sebesar 4.436 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.695. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 4.436 > 1.695, kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0.01 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X2 memiliki kontribusi terhadap Y. Nilai f hitung adalah 62.725 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai F hitung 62.725> F tabel 2.91 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, dan X2 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y. Nilai Ajusted R Square sebesar 0.789. Hal ini berarti bahwa pengaruh variable X1 dan X2 terhadap variable Y adalah sebesar 78.9%, sedangkan sisanya sebesar 0.211 atau 21.1% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
PENGARUH MANAJEMEN WAKTU, MOTIVASI KERJA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS SUMBER DAYA AIR, CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROVINSI SUMATERA UTARA hartina Octaviana; mutawaqil billah tumanggor
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.366

Abstract

Pengaruh manajemen waktu, motivasi kerja dan efikasi diri terhadap kinerja pegawai. Jenis kuantitatif yang bersifat asosiatif. Jumlah populasi yaitu 195 orang, dan teknik sampel rumus slovin jumlah 131. Analisis regresi berganda, data primer. Hasil penelitian manajemen waktu yaitu ,414, thitung > ttabel (5,387 > 1,6565) yaitu 0,000 < 0,05. motivasi kerja kinerja pegawai yaitu ,264 thitung > t-tabel (,827 > 1,6565) yaitu 0,000 < 0,05. efikasi diri pegawai yaitu ,241 thitung > 2,944 > 1,6565 nilai yaitu 0,004 < 0,05. Hasil ujiF manajemen waktu motivasi kerja dan efikasi diri secara simultan berpengaruh nilai fhitung (72,960) >ftabel (2,68), dan determinasi Rsquare ,633. Manajemen waktu, motivasi kerja dan efikasi diri berpengaruh yaitu 63,3%. 36,7% dipengaruhi diluar model yang digunakan.
Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Kinerja Pegawai BPDAS Wampu Sei Ular sri winda fahmi; Mella Yunita
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2022): Edisi September 2022 - Desember 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/jmdb.v1i2.367

Abstract

ABSTRAKTujuan eksplorasi ini ialah agar mengetahui bagaimana pengaruh kompensasi finansial non finansial pada kinerja pegawai pada BPDAS Wampu Sei Ular, Eksplorasi ini berlokasi di Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Wampu Sei Ular, durasi eksplorasi ini berlangsung dari bulan Januari 2022 sampai Juli 2022, populasi dari eksplorasi ini ialah seluruh pegawai tetap yang ada di BPDAS yang berjumlah 40 orang pegawai sampel yang dipakai ialah sampel jenuh dimana keseluruhan populasi jadi sampel, teknik analisis data yang dipakai di eksplorasi ialah analisis regressi linier berganda, adapun yang menjadi hasil eksplorasi ialah kompensasi finansial (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai BPDAS karena nilai thitung (5.794) > ttabel (2,024) pada eksplorasi ini kompensasi non finansial (X2) berpengaruh positif serta signifikan terhadap kinerja pegawai karena nilai thitung (2.039) > ttabel (2,024) Dari hasil uji F data eksplorasi ini ialah signifikan, dikarenakan Fhitung 29.006 > Ftabel 3,24 yakni Ha diterima dan Ho ditolak. Pada tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05, menampilkan bahwasanya variabel Kompensasi non finansial, Kompensasi finansial bersama sama mempengaruhi kinerja

Page 1 of 2 | Total Record : 16